Minggu, 22 Maret 2015

Pesona Manglayang 1818mdpl

Setiap kali saya berkesempatan berkunjung ke rumah tante saya di Villa Pajajaran Permai, Cileunyi, Bandung Utara. Saya pasti banyak menghabiskan waktu di lantai 2 rumahnya, terutama di balkonnya. Sebenarnya tidak ada yang istimewa di komplek perumahan ini, kecuali letaknya yang berada di dataran tinggi Bandung (Bandung Highland) dan adanya the most interest thing that i always love....yup, persis di sebelah utara rumah tante saya berdiri gagah Gunung Manglayang 1818 mdpl. Dari balkon ini sejak bertahun-tahun lalu saya selalu memandanginya.
Gunung ini memiliki beberapa jalur pendakian, antara lain Batu Kuda dan Baru Beureum. Nah, dari rumah tante saya ini Basecamp Manglayang jalur Batu Kuda hanya 3-4km saja.

Manglayang merupakan satu dari sekian banyak gunung "kentang" (kena tanggung) yang ada di Bandung. Beberapa gunung kentang lainnya yaitu Rakutak, Burangrang dan Parang. Dari Jakarta akan lebih mudah di capai melalui jalur tol Cipularang, perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam. Keluar di Cileunyi, ujungnya jalan tol Cipularang. Setelah keluar tol ambil arah ke kiri, arah Pasar Sehat Cileunyi. Kira-kira 10 menit (jika tidak macet) akan di temui awal jalan cagak (bercabang) untuk one way yang di tandai dengan adanya gardu pos polisi ditengah-tengah jalan. Persis sebelum cagak tersebut di sebelah kanan ada jalan kecil menanjak (cukup untuk 2 lajur mobil) beserta papan nama "Villa Pajajaran Permai". Kita masuk ke jalan itu dan setelah menempuh jalanan menanjak selama 20-30 menit kita akan tiba di Basecamp Batu Kuda.
Sedangkan jika kita mengendarai motor dari Jakarta akan membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam. Dengan rute jalan : Jakarta - Bogor - Puncak - Cianjur - Padalarang - Cimahi - menyusuri jalan Soekarno Hatta - Gede Bage - Cibiru. Dari bundaran Cibiru ambil arah ke Cileunyi dan selanjutnya ikuti rute mobil di atas.
Jika naik angkutan bus via tol atau jalur konvensional, rutenya sama. Ongkos ojeg dari bawah kira-kira 30 ribu rupiah sampai Basecamp.
Untuk jalur Baru Beureum kita masuk via Jatinangor kampus Unpad.

Ditulisan ini saya khusus membahas jalur Batu Kuda. Simaksi untuk Gunung Manglayang adalah rp.5.000,-/org. Suasana di basecamp mirip dengan camping ground Curug Nangka Bogor. Volunteer-volunteer Manglayang sangat ramah dan friendly, mereka tergabung dalam organisasi Sadawana. Di Manglayang terdapat 4 objek yg umum di eksplore oleh pengunjung.

Yang pertama, sesuai nama jalurnya, objek wisata Batu Kuda, dari gerbang masuk kita berjalan lurus melewati camping ground. Letaknya kira2 700 meter dari gerbang.
Yang kedua camping ground Manglayang. Jajaran pohon pinus yang tinggi dan rapat membuat suasana disana begitu sejuk dan damai. Cocok untuk kegiatan kemping ceria. Camping ground ini juga sering digunakan untuk pelantikan organisasi-organisasi pecinta alam.
Yg ketiga adalah Papanggungan. Terletak di sebelah timur basecamp, Papanggungan dapat di capai dengan 15 menit berjalan kaki. Papanggungan adalah sebuah bidang datar di sisi timur Manglayang. Lokasi ini tidak kalah indah dengan Dieng Plateau. Sunrise hunter pasti akan betah dengan view disini. Cikuray, Ciremai, Papandayan dan lain-lain terlihat jelas dari sini jika cuaca cerah. Dari sini pula jelas terlihat puncak Prisma, satu dari tiga puncak Manglayang.
Objek yang keempat adalah puncak utama Manglayang di ketinggian 1818 mdpl. Untuk menuju puncak tertinggi kita berjalan ke arah barat dari gerbang masuk. Dengan berjalan santai kita membutuhkan waktu 3 jam untuk sampai puncak, jika trekking, seperti yang pernah saya lakukan, puncak dapat di capai dalam waktu 1,5jam saja. Jalur menuju puncak Manglayang cukup menantang, perpaduan tanah yg licin, akar-akar dan batu-batu yang terjal.
Tidak ada sumber air dalam jalur pendakian hingga ke puncak. Puncak Manglayang sangat luas, tetapi sayang tinggi dan lebatnya pepohonan membuat kita tidak bisa menikmati pemandangan baik sunrise maupun sunset. Terdapat 2 makam di puncak Manglayang.
Karena keadaan puncaknya yang tidak maksimal untuk menikmati pemandangan, maka saya rekomendasikan untuk menuju Papanggungan terlebih dahulu pada dinihari atau subuh jika ingin melihat sunrise, barulah setelahnya kita menuju puncak dengan cara tektok (pergi pulang).

#Rangkuman :
1. Dengan motor, kurang lebih di perlukan biaya rp.80.000,- pp
2. Dengan mobil rp.350.000 pp
3. Tol Cipularang rp.106.000,-
4. Simaksi rp.5.000,-/org

Jalur awal dr camping ground

Camping ground Manglayang

Pesona Papanggungan Manglayang

Camping Ground Batu Kuda

Jalur Awal Pendakian

Pemandangan dari jalur pendakian

Biar ga terlalu tinggi tapi jalurnya cukup nguras tenaga

Ajib tanjakannya

Nyampe juga di puncak Manglayang

Puncaknya luas, bisa main bola...hehe

Jajaran pohon pinus yg bikin mata adem

Ngopi dulu bro...
Camp di Papanggungan


21 komentar:

  1. saya baru tahu kalau ada formasi batu unik ... selain batu kuda-nya
    posisinya dekat dengan puncak manglayang ya ?

    BalasHapus
  2. Formasi batu tsb terletak di jalur pendakian menuju puncak utama Manglayang, kurang lebih 40 menit dr gerbang basecamp.

    BalasHapus
  3. wah keren kang, saya dulu ke batu kuda pege ke puncak tapi babaturaya eiy gak mendukung haha

    BalasHapus
  4. wah keren kang, saya dulu ke batu kuda pege ke puncak tapi babaturaya eiy gak mendukung haha

    BalasHapus
  5. Ada tempat untuk parkir mobil bro?

    BalasHapus
  6. Parkir mobil ada bang Amos, meski ga luas tp cukup u/ 10-15 mobil.

    BalasHapus
  7. kalo ke Perumahan villa padjdjaran dari jalan raya cileunyi berapa KM / brp waktu tempuh

    BalasHapus
  8. Kurang lebih 10-15 menit bang Ardiansyah

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Bisa mbak...agak sedikit terjal tapi asal pake gigi 1 aman.

      Hapus
  10. kang kalo ke papanggungan di sebelah mananya ?ada petunjuk jalannya ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada petunjuknya teh...jalurnya ada di sebelah kanan setelah lewat pos pendaftaran. Cuma 15-20 menit dari pos. Tanya aja ke volunteer nya ntar di anter.

      Hapus
  11. Kalau papanngungan itu mesti nanjak ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanjak sedikit teh...sekitar 15 menit aja kurang lebih

      Hapus
  12. Batu kuda kan ada 2 jalur lebih enak naik jalur yang mana buat pemula?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambil yg kekiri dari pos masuk registrasi kang

      Hapus
  13. Batu kuda kan ada 2 jalur lebih enak naik jalur yang mana buat pemula?

    BalasHapus
  14. Klo dri puncak (batu kuda) ke puncak bayangan (baru beureum) jalurnya sblah mana yah?kanan apa kiri?soalnya aga bingung,gk ada petunjuknya.nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dr Batu Kuda begitu sampe puncak, adanya di sebelah kanan yg mau ke Baru Beureum.

      Hapus
    2. Orait nuhunbkang,soalnya rada bingung,ada dua jalur pas dipuncak,sblh kanan makam sama yg depannya,oke lah klo gtu,makasih infonya

      Hapus
  15. Bisa di cek di akun Instagram nya . wisata batu kuda yang ada bacaan real account

    BalasHapus