Kamis, 12 Januari 2017

Review Tenda Tipe 4 Musim dan Ekspedisi

Nyaris semua tenda 4 season memiliki desain seperti di bawah ini. Dan yg bisa disebut berkualitas hampir semua merupakan produk import. Di gambar kedua adalah contoh tenda dari brand yang sudah sangat terkenal di dunia pendakian yaitu The North Face. Tenda TNF cukup mendominasi digunung-gunung negara 4 musim karena fitur2nya yg memang diciptakan untuk menghadapi cuaca ekstrim.
.
Statusnya yg import sudah jelas menyebabkan tingginya harga untuk pasaran di Indonesia, salah satunya faktor pajak masuk dan bea import.
.
Bicara soal tenda 4 musim, apakah relevan jika penggiat di tanah air ingin menggunakannya? Mengingat negara kita berada di wilayah tropis dan hanya mengenal 2 musim yaitu penghujan dan kemarau.
.
Menurut catatan admin, meski di Indonesia hanya terdapat 2 musim, tenda-tenda bertipe 4 musim sangat cocok dan tetap berfungsi maksimal penggunaannya. Acuannya adalah prinsip dasar dari desain tenda 4 musim yang di peruntukkan menghadapi cuaca ekstrim dan pendakian berdurasi panjang.
.
Seringkali admin melihat di lapangan, dibawah cuaca yg buruk seperti angin kencang, banyak tenda2 yg rusak bahkan roboh. Mengingat tenda adalah rumah untuk perlindungan, tentunya merupakan suatu kerugian besar jika rusak saat masa pendakian belum selesai yg imbasnya akan membahayakan nyawa si pendaki.
.
Nah, tenda pada gambar pertama (yg terdiri dari 4 gambar), bisa dijadikan solusi untuk menghadapi cuaca ekstrim di Indonesia dan juga negara 4 musim. Tenda keluaran dalam negeri sendiri ini cukup mengakomodir kebutuhan pendaki yg sering membangun tenda di ketinggian ekstrim dengan resiko angin super kencang dalam durasi panjang.
.
Material yg digunakan pun cukup berkualitas. Tenda jenis ekspedisi dengan nama seri Expedition merk Merapi Mountain ini tipenya standing free (bisa berdiri dan di geser dalam keadaan utuh). Struktur bangunnya Geodesic Dome mempertegas kekuatannya untuk menghadapi kerasnya angin dan hujan. Vestibule-nya sangat luas (nyaris 1 meter) akan memudahkan kita berkegiatan masak meski di bawah cuaca buruk. Untuk akses keluar masuk yg cepat, terdapat juga vestibule 1 pintu di sisi yg berseberangan.
.
Gap atau jarak antara inner dan layer luar (flysheet) juga jauh sehingga pendaki akan sangat nyaman bernafas dan terhindar dari uap nafasnya sendiri yg berbalik. Ruang dalam dari tenda ini hampir 2,5 meter panjangnya, dengan lebar 1,8 meter, sehingga dapat dipastikan pendaki dapat beristirahat dengan sangat nyaman.
.
Meski berdimensi besar, tenda ini di desain hanya untuk 3-4 orang saja. Dan jangan khawatir, hanya diperlukan 2 orang saja untuk membangun tenda ini. Jadi walau bobotnya mencapai 4,5kg, tenda ini bisa dijadikan pilihan untuk kamu2 yg membutuhkan tenda dengan kekuatan dan kenyamanan lebih saat melakukan pendakian atau ekspedisi berdurasi panjang dan di bawah cuaca ekstrim.
.
Soal harga, well, sangat terjangkau temans, masih di bawah idr 3 juta per unit nya.
.
Semoga review dari admin tentang tenda ekspedisi bisa bermanfaat bagi teman-teman yg sedang mencari tenda berkekuatan khusus ya.
.
Happy nice day...keep your safety guys.


Note : pict source by Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar